Arti KURS VALUTA Asing Secara Lengkap

Arti kurs valuta asing. Apa kabarnya sahabat lintas siang ? senatiasa lagi sehat semuanya, saat ini saya akan berbagi dan menjelaskan arti kurs valuta asing dan mungkin kurs valuta sangat asing sekali bagi sebagian orang dan sudah familiar bagi Anda yang sudah mengenyam pendidikan jurusan ekonomi dan akuntansi kata kurs valuta sudang sering didengar, nah bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian kurs valuta asing secara detail mulai dari jenis dan sistemnya halaman ini bisa jadi referensi tepat, apalagi bagi yang menekuni dan menjalankan dunia bisnis (business) transaksi antar negara maka arti kurs valuta asing sudah menjadi bagian keseharian dan kegiatan dari bisnis yang tak bisa dipisahkan.

Pengertian Kurs Valuta Asing. Tadi sempat disinggung pada paragraf pertama pengertian kurs valuta asing sangat kental sekali dengan dunia bisnis antar negara yang dijalankan individu atau perusahaan dengan mengunakan mata uang sebagai alat transaksinya, jadi pengertian valuta asing secara detailnya adalah nama mata uang sebagai alat transaksi yang syah dari negara lain dan terjadinya transaksi sendiri lebih dikenal dengan nama Valas dan nilai dari mata uang itu sendiri yakni kurs atau exchange rate. Nah sekarang Anda sudah mengetahui apa arti kurs valuta asing itu jadi bagi pelaku bisnis yang memilki modal tinggi sering memborong uang luar negeri saat harga rendah pada nilai mata uang negara kita. Setelah harga Uang luar negeri tadi kembali naik maka mereka menukar kembali dengan mata uang negara kita dan itu terus berlajut untuk menghasilkan selisih nilai yang fantastik dan pertukaran uang bebentuk valuta asing ini bisa jadi ladang mencari uang dan bisnis Forex dan bisnis Valas dua dari beberapa kriterianya.

Arti KURS VALUTA Asing Secara Lengkap

Definisi kurs valuta asing memiliki arti pertukaran nilai harga suatu mata uang asing bila ditukarkan dengan mata uang dari negara lain ( mata uang negara kita Rupiah atau uang negara lain). Di sisi lain kurs valuta asing akan mengarah pada penurunan dan kenaikan ketika transaksi dilakukan, misalkan kurs Rupiah tanggal 5 bulan Mei 2017 diangka Rp.13.300 terhadap 1 USD mata uang negara Amerika dan setiap pertukaran uang ada penurunan dan kenaikan, penurunanan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika bila terjadi harga awal Rupiah bernilai Rp.13.000 dan ketika untuk mendapatkan 1 USD harus mengeluarkan Rp.13.300 jadi ada selisih harga Rp.300 tambahan untuk 1 USD jadi disini adanya penguatan Dolar Amerika terhadap Rupiah atau apresiasi, sebaliknya adanya kenaikan Rupiah bila harga awal 1 USD tinggi dan ketika terjadi transaksi pertukaran mata uang dengan Rupiah jadi turun maka disebut penguatan Rupiah terhadap dollar atau depresiasi.

Di atas sudah dibahas tentang pengertian kurs valuta asing dan sekarang akan merici bagian penting lainnya dari jenis dan sistem Kurs valuta asing sebagai berikut :

Jenis Kurs Valuta Asing


Kurs terdiri dari dua bagian yakni :

Kurs Jual

Kurs jual mempunyai arti harga nilai mata uang asing yang ditetapkan oleh pihak Bank yang bisa kita beli, salah satu bentuk transaksi yang diberikan pihak Bank bagi siapa saja apabila ingin membeli 1 USD dengan harga yang sudah menjadi kebijakaan saat itu.

Kurs Beli

Kurs beli memilik pengertian nilai harga mata uang asing sudah ditetapkan sesuai kebijakan pada level tertentu, bagi anda yang ingin menukarkan atau menjual mata uang asing tersebut ke Bank.

Contohnya :
Kurs harga jual USD pada bank BI seharga Rp.13.000 dan kurs belinya Rp.13.200. Maka Anda bila menukarkan sejumlah Rupiah untuk mendapatkan uang Amerika USD seharga Rp.13.300 dan sebaliknya Anda memilki uang USD dan ingin menukarnya ke Rupiah dihargai dengan Rp.13.200 / USD.

Sistem Kurs Valuta Asing


Pada Kurs valuta Asing ada definisi sistem yang ditetapkan atau diterapkan oleh negara atau pemerintahan untuk mengatur kurs valuta asing berjalan dan tentunya kebijakan inilah sebagai patokan nilai tukar suatu mata uang asing seluruh negara.

1). Sistem Kurs tetap-Fixed exchange rate

Pemerintah memegang kendali penuh atas kebijakan dalam menetapkan nilai kurs mata uang dalam negeri, jadi kebijakan pemerintah memilki andil besar untuk mengatur nilai uang negaranya salah satunya Indonesia untuk nilai Rupiah dengan harga tertentu.

Pergerakan harga Rupiah terhadap nilai tukar mata uang luar negeri yang signifikan atau memburuk akan diredam oleh pemerintah pada investasi, apabila terjadi kelebihan penawaran maka pemerintah akan membelinya. begitupun apabila terjadi kelebihan permintaan terhadap mata uang asing tertentu maka pemerintah mengambil kebijakan dengan menjual persediaan mata uang dimilikinya.

Dari sistem kurs tetap ini memberi kepastian untuk nilai tukar mata uang bagi pelaku bisnis online maupun offline, di sisi lain ada kelemahannya yakni pemeritah harus kuat dan memertahankan mata uangnya dengan cadangan pada anggaran devisa.

2. Sistem Kurs Bebas/Mengambang - floating exchange rate

Pada sistem ini nilai kurs tukar berpatokan kepada mekanisme tinggi rendahnya permintaan dan penawaran tanpa campr tangan pemerintah, jadi pada sistem ini pelaku pasar bisnis akan menetapkan sendiri harga kurs sesuai banyak atau tidaknya permintaan dan penawaran.

3. Sistem Kurs mengambang Terkendali - Managed Floating Rate

Sistem ini adalah gabungan dari sistem kurs tetap-Fixed exchange rate dan sistem kurs bebas mengambang dan di sini pemerintah berperan aktif dan memantau pergerakan nilai kurs naik tajam dan turun. Pada dasanya sistem ini pemerintah melakukan investasi apabila harga mencapai batas-batas tertentu, misalkan 5 % diatas atau dibawah kurs keseimbangan.

Campur tangan/intervensi pemeritah berupa :

1). Dirty floating - mengambang kotor

Pemerintah akan melakukan itervensi secara langsung dengan membeli atau menjual valuta asing.

2). Clean floating - mengambang bersih

Pemerintah secara tidak langsung berperan mengatur nilai valuta asing, misalkan pada tingkat suku bunga.

Semakin tingginya pelaku bisnis online atau offline mendorong penukaran kurs valuta asing meningkat dan pemeritah memegang kenadali atau pergerakan nilai jual dan beli sesuai kebijakan pada investasi atau bisnis.


EmoticonEmoticon